JAYALAH LAMONGAN MAJULAH TERUS PEMBANGUNAN

kabupaten bojonegoro

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bojonegoro terus memaksimalkan pembangunan wisata petilasan angling darma di Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu. Pada 2010 ini, Disparbud menargetkan membangun pagar yang melingkari petilasan Angling Dharmo. ''Saat ini pembangunan paseban sudah selesai. Selain itu juga tengah menyelesaikan gapura dan akses jalan di sekitar paseban,'kata Mardikun, Kepala Disparbud Bojonegoro kemarin.

Petilasan Angling Dharma akan direncanakan sebagai wisata sejarah Bojonegoro. Selain pembangunan petilasan, juga akan direncanakan pembangunan museum di tempat wisata baru tersebut. ''Karena memang banyak ditemukan benda-benda bersejarah yang berasal dari Desa Wotanngare dan sekitarnya,''tutur mantan Kepala Dinas Pendidikan ini.

Tahapan selanjutannya, pada 2010 akan mulai dilakukan pembangunan pagar keliling kawasan petilasan, pemasangan paving. Selain itu akan dilakukan pembebasan lahan untuk memudahkan akses transportasi menuju tempat wisata.

Sementara itu, untuk menunjang wisata sejarah petilasan Angling Darma, pihak Disbudpar juga melakukan penelitian sejarah. Yaitu, dengan mempelajari sejarahnya dari keterangan para warga sekitar juga dari dokumentasi naskah-naskah kuno.

''Langkah itu dengan melakukan kerjasama antara Disbudpar dengan pihak peneliti dari Yogyakarta yang sudah mulai menyusun sejarah Angling Darma untuk melakukan penelitian dan BP3 Trowulan yang berkaitan dengan penemuan benda purbakala,''paparnya.

No Response to "kabupaten bojonegoro"

Posting Komentar

cinta LA

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes